BELAJARLAH! SESUNGGUHNYA TIDAKLAH MANUSIA ITU DILAHIRKAN DALAM KEADAN PANDAI

CONTOH RPP FIQIH

>> Rabu, 24 Februari 2010

RENCANA PELAKSANAAN

PEMBELAJARAN

(RPP)


Nama Madrasah

: MI.AL-WAHID

Mata Pelajaran

: Fiqih

Kelas / Semester

: IV / 1

Standar Kompetensi

: Mampu memahami dan melakukan puasa Ramadhan, memahami ketentuan puasa sunnah

Kompetensi Dasar

: Melakukan puasa Ramadlan

Indikator

  1. Menyebutkan syarat wajib puasa

  2. Menyebutkan rukun puasa

  3. Menyebutkan sunnah puasa

  4. Menyebutkan hal-hal yang membatalkan puasa

  5. Menunjukan orang yang boleh meninggalkan puasa

  6. Menyebutkan amalan bulan Ramadlan

  7. Hafal niat puasa Ramadlan

  8. Hafal do'a berbuka puasa

  9. Melaksanakan puasa Ramadlan


Alokasi Waktu

: 12 x 35 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat :

  1. Menyebutkan syarat wajib puasa

  2. Menyebutkan rukun puasa

  3. Menyebutkan sunnah puasa

  4. Menyebutkan hal-hal yang membatalkan puasa

  5. Menunjukan orang yang boleh meninggalkan puasa

  6. Menyebutkan amalan bulan Ramadlan

  7. Hafal niat puasa Ramadlan

  8. Hafal do'a berbuka puasa

  9. Melaksanakan puasa Ramadlan

B. Materi Pokok

: Puasa Ramadlan

  1. Syarat wajib puasa

  2. Rukun puasa

  3. Sunnah- sunnah puasa

  4. Hal-hal yang membatalkan puasa

  5. Orang yang boleh meninggalkan puasa

  6. Amalan bulan Ramadlan

  7. Niat puasa Ramadlan

  8. Do'a buka puasa


C. Metode Pembelajaran

: Tanya jawab

Short Card

Informasi

Pemberian tugas

Demontrasi

D. Langkah-langkah Pembelajaran :

Pertemuan ke-

12 x 35 menit

I. Kegiatan Pendahuluan :

1. Salam

2. Berdoa

3. menyanyikan lagu “Rukun Islam” dengan wazan lagu balonku

Lalu focus pada rukun yang kedua (sholat)

II. Kegiatan Inti :

  1. Mengkaji ayat al Qur'an yang berhubungan dengan puasa Ramdlan ( Qs. 2 : 183-185 )

  2. Membaca secara bersama-sama ayat al Qur'an yang berhubungan dengan puasa Ramdlan ( Qs. 2 : 183-185 )

  3. Membaca secara bergantian satu persatu ayat al Qur'an yang berhubungan dengan puasa Ramdlan ( Qs. 2 : 183-185 )

  4. Mengartikan ayat al Qur'an yang berhubungan dengan puasa Ramdlan ( Qs. 2 : 183-185 ) yang dipandu oleh guru

  5. Membentuk kelompok untuk mengkaji rukun puasa,syarat wajib puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, sunnah puasa, amalan bulan romadlon, doa dan niat puasa

  6. Masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusinya didepan kelas

  7. Masing masing kelompok bertukar peran dan pokok bahasan puasa

  8. Mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan batalnya puasa romadlon dengan bermain peran

  9. Membiasakan diri membaca qur’an dalam bulan romadlon

  10. membiasakan iktikaf bulan romadlon

  11. Membayar zakat fitrah di bulan romadlon


III. Kegiatan Penutup :

  1. Memberikan penegasan pentingnya pelaksanaanpuasa romadlon sebagai kewajiban umat islam secara benar

  2. Memberi tugas menghafalkan doa puasa dirumah / dimasjid dan musholla

  3. Berdo’a

E. Sumber Belajar

: Buku Paket Fiqih kelas IV, Alat peraga, dll yang relevan

F. Penilaian

: Tertulis , Tes lisan dan demonstrasi


Instrumen penilaian :


  1. Berapa jumlah rukun puasa itu ?

  2. Apa bacaan niat puasa itu ?

  3. Apa bacaan niat iktikaf itu ?

  4. Sebutkan sholat sunah yang berhubungan dengan datangnya bulan romadlon kamu ketahui?

  5. Bagaimana lafal doa berbuka puasa ?




Mengetahui

Kepala Madrasah Guru Kelas


0 komentar:

Poskan Komentar

About This Blog

Lorem Ipsum


Got My Cursor @ 123Cursors.com

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP