Cari uang dan hasilkan profit di internet
BELAJARLAH! SESUNGGUHNYA TIDAKLAH MANUSIA ITU DILAHIRKAN DALAM KEADAN PANDAI

>> Jumat, 12 Februari 2010

ASAL USUL KATA TASAWWUF

Kita sering mendengar kata Tasawwuf, namun banyak yang belum tahu darimana asal kata tersebut. untuk itu saya akan menguraikannya berdasarkan dari sumber yang saya baca. Kata tasawwuf berasal dari kata-kata seperti di bawah ini:
1. Tasawwuf berasal dari kata "saff" yang maknanya barisan shalat dalam berjama'ah. Alasannya yaitu; seorang sufi itu mempunyai iman yang kuat,jiwa yang bersih dan selalu memilih barisan terdepan dalam shalat berjama'ah. Alasan lain berpendapat bahwa; seorang sufi akan berada dalam barisan terdepan di hadapan Allah SWT.

2. Berasal dari kata "saufanah" yakni sejenis buah-buahan kecil berbulu lebat yang tumbuh di padang pasir arab. Pengambilan kata ini karena melihat orang sufi yang banyak memakai pakaian berbulu dan mereka hidup dalam kegersangan secara fisik, tapi subur dalam batinnya.
3. Berasal dari kata "suffah" yang artinya pelana. yang digunakan sahabat nabi yang miskin sebagai bantal waktu tidur di atas batu di samping masjid nabawi di kota Madinah. VERsi lain mengatakan bahwa suffah artinya suatu kamar yang disediakan nabi Muhammad saw dari golongan Muhajirin yang miskin.penghuni suffah di sebut "ahlisuffah".

4. Berasal dari kata "shifwah" artinya sesuatu yang terbaik atau yang terpilih. Di katakan demikian karena mereka selalu memandang diri mereka yang terbaik dan sebagai orang pilihan.

5. Juga berasal dari kata "shafaa" atau "shafw" yang artinya bersih dan suci. Maksudnya bahwa kehidupan orang sufi lebih banyak di arahkan pada penyucian batin untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. sebab tuhan tidak bisa didekati kecuali oleh orang yang hatinya bersih atau suci.

6. Tasawwuf juga berasal dari kata "sshuuff" yang artinya wol kain bulu yang kasar. di sebut demikian karena orang-orang sufi suka memakai pakaian yang terbuat dari bulu yang kasar (bulu binatang) sebagai lambang kemiskinan dan ksedrhanaan. Berlawanan dengan pakaian sutra yang biasa dipakai oleh golongan yang kaya.

0 komentar:

Posting Komentar

About This Blog

Lorem Ipsum


Got My Cursor @ 123Cursors.com

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP