Cari uang dan hasilkan profit di internet
BELAJARLAH! SESUNGGUHNYA TIDAKLAH MANUSIA ITU DILAHIRKAN DALAM KEADAN PANDAI

CONTOH RPP AQIDAH Smster-2

>> Rabu, 24 Februari 2010

RENCANA PELAKSANAAN

PEMBELAJARAN (RPP)



Nama Madrasah

: AL-WAHID

Mata Pelajaran

: Aqidah Aklaq

Kelas / Semester

: IV / 2

Standar Kompetensi

: Mengimani Nabi dan Rasul serta meneladani sifat-sifatnya, terbiasa menerapkan adab secara Islami ketika beribadah dan bertetangga, serta meneladani akhlak terpuji dari orang-orang/tokoh dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar

Membiasakan beradab secara Islami ketika ber-ibadah.

Indikator :

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian adab yang baik ketika masuk masjid, membaca al-Qur’an, shalat, dan berpuasa.

  • Siswa dapat menjelaskan tata cara yang baik ketika masuk masjid, membaca al-Qur’an, shalat, dan berpuasa.

  • Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh sikap yang baik dan yang tidak baik ketika masuk masjid, membaca al-Qur’an, shalat, dan berpuasa.

  • Siswa menyadari pentingnya bersikap dan berperilaku yang baik ketika masuk masjid, membaca al-Qur’an, shalat, dan berpuasa.

  • Siswa terbiasa untuk bersikap dan berperilaku yang baik ketika beribadah masuk masjid, membaca al-Qur’an, shalat, dan berpuasa.

Alokasi Waktu

: 6 x 35 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat :

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian adab yang baik ketika masuk masjid, membaca al-Qur’an, shalat, dan berpuasa.

  • Siswa dapat menjelaskan tata cara yang baik ketika masuk masjid, membaca al-Qur’an, shalat, dan berpuasa.

  • Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh sikap yang baik dan yang tidak baik ketika masuk masjid, membaca al-Qur’an, shalat, dan berpuasa.

  • Siswa menyadari pentingnya bersikap dan berperilaku yang baik ketika masuk masjid, membaca al-Qur’an, shalat, dan berpuasa.

  • Siswa terbiasa untuk bersikap dan berperilaku yang baik ketika beribadah masuk masjid, membaca al-Qur’an, shalat, dan berpuasa.

B. Materi Pokok :

Adab beribadah

C. Metode Pembelajaran :

Tanya jawab

Diskusi

Short Card

Informasi

Pemberian tugas

Demontrasi

D. Langkah-langkah Pembelajaran :

Pertemuan ke-

6 x 35 menit

I. Kegiatan Pendahuluan :

1. Salam

2. Berdoa

II. Kegiatan Inti :

  • Siswa mendengarkan penjelas

an guru ttg pengertian adab yang baik ketika masuk masjid, baca al-Qur’an, shalat, & puasa.

  • Siswa mendengarkan penjelas

an guru ttg tata cara yang baik ketika masuk masjid, membaca al-Qur’an, shalat, dan berpuasa.

  • Siswa mendengarkan penjelas

an guru ttg contoh-contoh sikap yang baik dan tidak baik ketika masuk masjid, baca al-Qur’an, shalat, dan berpuasa.

  • Dengan bimbingan guru untuk diajak untuk menyadari penting

nya rsikap dan rperilaku yg baik ketika masuk masjid, membaca al-Qur’an, shalat, dan berpuasa.

  • Guru mengajak siswa membiasakan diri untuk bersikap dan berperilaku yang baik ketika beribadah masuk masjid, membaca al-Qur’an, shalat, dan berpuasa.

III. Kegiatan Penutup :

  1. Memberi tugas mempraktekkan di rumah, dan di musolla serta di masjid

  2. Berdo’a

E. Sumber Belajar

: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas IV, Alat peraga, dll yang relevan

F. Penilaian

: Jenis Tagihan :

  1. Tugas Individu

  2. Tugas Kelompok

Bentuk Tagihan :

Performance (skala sikap)

Portofolio

Performansi/Laporan/proyek

Pilihan ganda, isian dan essay/uraian singkat




Instrumen penilaian : Terlampir



Mengetahui

Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran/Kelas IV







0 komentar:

Posting Komentar

About This Blog

Lorem Ipsum


Got My Cursor @ 123Cursors.com

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP