Cari uang dan hasilkan profit di internet
BELAJARLAH! SESUNGGUHNYA TIDAKLAH MANUSIA ITU DILAHIRKAN DALAM KEADAN PANDAI

CONTOH RPP Akidah Akhlak

>> Rabu, 24 Februari 2010

RENCANA PELAKSANAAN

PEMBELAJARAN(RPP)


Nama Madrasah

: AL-WAHID

Mata Pelajaran

: Aqidah Aklaq

Kelas / Semester

: IV / 1

Standar Kompetensi

: Menghayati kalimat thayyibah dan sifat-sifat yang terkandung dalam Asmaul Husna (Al-Mukmin, Al-Adhîm, Al-Huda, Al-Adlu, Al-Hakîm), menyakini adanya makhluk ghaib selain malaikat Allah dan berakhlak terpuji serta menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar

Menyakini Allah melalui pengenalan terhadap kalimat thayyibah.

Indikator :

  • Siswa hafal kalimat thayyibah “inna lillahi wa inna ilaihi rajiun” dan “lahaula wala quwwata illa billah”

  • Siswa terbiasa mengucapkan kalimat thayyibah “inna lillahi wa inna ilaihi rajiun” dan “lahaula wala quwwata illa billah” ketika jatuh, kecelaka-an, atau mendapat musibah dari Allah.

  • Siswa terbiasa untuk mengucapkan kalimat “lahaula wala quwwata illa billah” ketika mendapatkan beban berat/kesulitan.


Alokasi Waktu

: 6 x 35 menit

A. Tujuan Pembelajaran

: Siswa dapat

  • Siswa hafal kalimat thayyibah “inna lillahi wa inna ilaihi rajiun” dan “lahaula wala quwwata illa billah”

  • Siswa terbiasa mengucapkan kalimat thayyibah “inna lillahi wa inna ilaihi rajiun” dan “lahaula wala quwwata illa billah” ketika jatuh, kecelaka-an, atau mendapat musibah dari Allah.

  • Siswa terbiasa untuk mengucapkan kalimat “lahaula wala quwwata illa billah” ketika mendapatkan beban berat/kesulitan.


B. Materi Pokok

: Kalimat Thayyibah

C. Metode Pembelajaran

: Tanya jawab

Short Card

Informasi

Pemberian tugas

Demontrasi

D. Langkah-langkah Pembelajaran :

Pertemuan ke-

6 x 35 menit

I. Kegiatan Pendahuluan :

1. Salam

2. Berdoa

II. Kegiatan Inti :

  • Siswa menceritakan kembali tentang salah satu kejadian musibah besar seperti musibah tsunami.

  • Mendiskusikan hikmah yang ter-kandung pada tayangan tersebut, kemudian menuliskannya dalam lembar kerja

  • Siswa menghafalkan kalimat thayyibah “inna lillahi wa inna ilaihi rajiun” dan “lahaula wala quwwata illa billah” dengan baik dan benar dengan menggunakan cart short.

  • Siswa bermain peran terkait dengan tema musibah dan beban berat serta aplikasi kalimat thayyibah “inna lillahi wa inna ilaihi rajiun” dan “lahaula wala quwwata illa billah”.

III. Kegiatan Penutup :

  1. Memberi tugas menghafalkan lagi di rumah

  2. Berdo’a

E. Sumber Belajar

: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas IV, Alat peraga, dll yang relevan

F. Penilaian

: Jenis Tagihan :

  1. Tugas Individu

  2. Tugas Kelompok

Bentuk Tagihan :

Performance (skala sikap)

Portofolio

Performansi/Laporan/proyek

Pilihan ganda, isian dan essay/uraian singkat


Instrumen penilaian : Terlampir


TEGAL, 24 Februari 2010

Mengetahui

Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran/Kelas IV


R.Chuka Sembiring, M.Hi MUZAYYANAH, S.Pdi


0 komentar:

Posting Komentar

About This Blog

Lorem Ipsum


Got My Cursor @ 123Cursors.com

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP